Telp: 0822-3040-7876 Email: support@tubanwebdesain.com

10 Tempat Yang Wajib Di Kujungi Bila Ke Tuban

Feb 27,2016 at 08:56 pm By Roni Yahya

Kategori : Berita

Jika anda berkunjung di kabupaten tuban jawa timur, sangat di sayangkan kalau anda tidak mengunjungi 10 Tempat ini. Memiliki pantai, pegunungan tuban mempunyai destinasi wisata berkunjung yang sangat memgasikkan

Yuk simak berikut 10 Tempat Yang Wajib Di Kunjungi Bila Ke Tuban

1. Pantai Boom 

Wisata pantai Boom Tuban, Merupakan salah satu wisata pantai di kota wali atau yang sering disebut bumi ronggolawe. Tak dapat dipungkiri kota tuban memang cukup memiliki garis geografis dengan bibir pantai yang lumayan luas


Dimana Letak Wisata Pantai Boom Tuban ?
Untuk menjangkau wisata pantai Boom Tuban, anda tak perlu bersusah payah mencari rute tempat atau lokasi karena wisata pantai Bom Tuban terletak dipusat kota tepatnya di sebelah utara alun-alun kota tuban [sebelah utara jalan] masuk gerbang Pos Polisi kurang lebih sampai 100M . wisata ini bentuknya menjorok semacam tanjung atau semenanjung buatan sekitar 1KM. Pantai bom tuban dulunya merupakan pelabuhan sandaran perahu saudagar untuk melakukan transaksi jual beli seperti rempah-rempah dan kebutuhan lain oleh pihak asing ke tanah jawa, pada zaman kerajaan majapahit. Selain itu pantai bom tuban juga digunakan transit para wali untuk menyebarkan agama islam di tanah jawa yang terbukti adanya makam wali allah yang bersamayam di kota tuban tepatnya di sebelah barat alun-alun tuban atau sebelah masjid agung tuban yakni wali allah Maulanan Makhdum Ibrahim atau yang sering disebut Sunan Bonang.

2. Goa Akbar Tuban

Sejak di renovasi pada tahun 1996, Goa Akbar menjadi sering di kunjungi para wisatawan. Memasuki lokasi Goa Akbar para pengunjung hanya memebayar tiket Rp5000/orang, di depan pintu Goa terdapat gerbang yang sangat menarik begitu juga dengan pilar-pilar dan pohon peneduhnya, ketika akan memasuki mulut gua pengunjung akan melihat relief-relief yang terdapat di dinding sebelah pilar, relief-relief ini menceritakan tentang Sunan Bonang, Sunan Kalijogo, Sri Huning MustikaTuban, Ronggo lawe dan masih banyak lagi. Jalur jalan di dalam gua telah di paving block dan di samping kanan kiri di beri pagar besi menjadikan nampak rapi dan bersih, hal ini untuk memberi keamanan dan kenyamanan pengunjung pagar besi tersebut berguna untuk mengeksplorasi pengunjung agar tidak salah jalan dan juga pagar besi berfungsi sebagai pegangan untuk pengunjung dari lantai yang licin karena tetesan air dari dalam gua. Para pengunjung cukup mengikuti jalur yang telah di buat tersebut di dalam gua tersebut di pasang lampu warna-warni yang memberi kesan nyaman.

3. Air Terjun Ngelirip

Berkunjung ke kota Tuban belum afdol rasanya kalau belum mampir di Air Terjun Nglirip. Air terjun yang indah dengan mitos-mitos tentang putri yang menghuni air terjun ini. Air terjun ini terletak di desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, di sebelah timur Kompleks pemakaman "Mbah Jabar". Sekitar kurang lebih 38 KM ke arah barat dari Kota Tuban.

Untuk sampai ke air terjun ini sangat mudah, karna letaknya berada di jalur alternatif, sehingga dengan menggunakan mobil pribadi pun bisa langsung sampai ke lokasi dengan mudah. Jika dari Kota Tuban bisa mengambil rute ke arah Merakurak, Kemudian Montong, Lalu Singgahan. Sedangkan jika dari Daerah Bojonegoro atau Jatirogo bisa berhenti di Perempatan Anjlok, kemudian mengambil jalan kearah Montong, kurang lebih 2KM.

4. Pantai Sowan

Pantai Sowan merupakan obyek wisata laut diwilayah Tuban Jawa timur dengan pemandangan alam yang indah dan eksotis. Tempat wisata ini lebih dikenal dengan sebutan ‘Wana Wisata Sowan’ sesuai yang tertulis pada pintu masuk kawasan wisata.

Kawasan hutan di tepi pantai sowan dengan luas sekitar 32 jektar ini menjadi daya tarik tersendiri. Berbagai jenis pepohonan tumbuh subur dikawan wisata ini, mulai dari pohon trembesi, klampis dan mahoni membuat lokasi wisata di tuban ini sebagai kawasan wisata Wana Wisata.

5. Air Terjun Bongok

Berbeda dengan air terjun Nglirip yang sudah populer di kota Tuban, air terjun yang satu ini mungkin masih sedikit asing di telinga anda. Air terjun Bongok,..ya begitulah warga sekitar menyebutnya.

Secara administratif air terjun Bongok terletak didusun Kerokan desa Jetak kec. Montong kab. Tuban. Untuk menuju kesini, dari kota ikuti jalur pantura Tuban-Semarang, setelah rumah makan Pangestune ketemu pertigaan belok kiri mengikuti petunjuk ke Merakurak. Dan kemudian ketemu pertigaan ambil lurus sampai pertigaan SMPN4 belok kanan mentok dan ketemu pertigaan lagi belok kiri mengikuti petunjuk ke Montong. Ikuti jalan raya Montong ini sampai ketemu pertigaan yg ada mushola kecil berwarna hijau, belok kiri dan setelah masuk gapura desa Talun ketemu pertigaan belok kiri mentok ketemu pertigaan sekolah NU belok kiri lagi dan ikuti jalan sampai masuk area ladang jagung. Ikuti jalan sampai ketemu pertigaan yang ada papan petunjuk ke Makom Singgo Negoro. Ikuti petunjuk tersebut lurus terus sampai jalan aspal berubah jadi jalan makadam. Tak lama kemudian ketemu perempatan belok kanan dan tinggal ikuti jalan saja.

6. Pantai Pasir Putih Tuban

satu pantai yang wajib kalian kunjungi, pantai utara Bumi wali kota tuban pantai yang di resmiin sekitar bulan Januari 2015 ini masih unyu banget karna memang sangat di rawat oleh penduduk di sekitar pantai, kenapa di namakan pantai remen ya emang lokasinya di Desa remen kecamatan jenu, kalau kalian dari arah Bojonegoro-Lamongan-Tuban Ikuti jalan Pantura jalan raya Semarang Jenu Tuban, Patokannya gampang kalian cari aja Koramil kecamatan Jenu sebelah kiri jalan trus kalian ambli jalan masuk kekanan jalan kecil, kalau kalian bingung ini ada denah lokasinya, di bawah ini , Kalau kalian kesasar Tanya saja ke penduduk sekitar nanti di kasih tau

7. Goa Ngerong Tuban

Goa Ngerong yang terletak di Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Goa Ngerong terkenal karena keindahan serta adanya sumber mata air yang keluar dari dalam gua.

Di dalam gua ini juga terdapat ikan tawes dan kura-kura yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang hingga saat ini masih menyimpan mitos yang belum terkuak.

8. Pemandian Air Hangat Prataan

 

Wisata Pemandian Air Panas Prataan Tempat wisata ini menarik buat anda kunjungi, selain anda berlibur juga dapat berobat. “Pepatah bilang sekali dayung dua tiga pulau terlampaui”, mungkin itu perumpaan saat anda berkunjung ketempat ini. Pasalnya di tempat ini selain anda bisa menikmati wisata alam anda juga dapat berobat dengan mandi atau berendam di kolam Air Panas Prataan. Warga sekitar percaya sumber Air Panas Prataan dapat menyembuhkan berbagai penyakit diantaranya penyakit kulit, strok, gatal-gatal, encok, rematik, dan berbagai penyakit lainya. Hal itu dibenarkan oleh pengelola dan dibuktikan dengan berdatangnya pengunjung dari wilayah sekitar dan juga wisatawan dari kota luar seperti lamongan, bojonegoro, Surabaya, dan kota lainya. Mereka datang berombongan baik bersama keluarga, teman, kerabat, dan tetangga. Telah banyak yang membuktikan kashiat dari Pemandiaan Air Panas Prataan. Pasalnya setiap pengunjung yang datang dari sana beberapa bulan bahkan minggu berikutnya datang kembali untuk menyembuhkan penyakit yang diderita, banyak yang bilang setelah mandi dan berendam disana merasakan agak enak-an dan lebih terasa sehat dari penderitaan penyakit yang dirasakan sebelumnya.

9. Kolam Renang Bekti Harjo

 

Pemandian dengan sumber mata air alami yang juga berfungsi sebagai sumber air minum ini terletak sekitar 5 Km dari kota Tuban, tepatnya di desa Bektiharjo. Pemandian ini banyak dikunjungi oleh mereka yang ingin melewati waktu dengan berenang dan atau hanya sekedar rekreasi keluarga.
Untuk menuju ke pemandia Bektiharjo tidaklah sulit dan bisa diakses dengan menggunakan trasportasi umum. Yang menarik dari pemandian ini adalah, adanya kera-kera di sekitar kolam. Pengunjung tidak perlu khawatir dengan kera-kera ini karena mereka jinak dan bersahabat.
Di sini terdapat 2 sendang atau kolam pemandian. Sendang Lanang atau kolam khusus laki-laki di bagian utara dan Sedang Wadon atau khusus untuk wanita di sisi selatan. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, pemisahan fungsi dua sendang peninggalan Raden Danur Wendo dari kadipaten Tuban itu sejak abad XIII ini, hanya tinggal sebutan. Para pengujung yang datang bisa berenang secara bebas bersama-sama.

10. Pantai Kute Tuban ( Kulone Terminal )

 

Pantai Pasir Putih yang ada di Bumi Ronggolawe ini sering juga disebut dengan Pantai Kute, 'Kute' di sini merupakan akronim dari 'Kulone-Terminal'. Yup, dikatakan sebagai pantai Kute sebab pantai cantik ini membentang indah di sebelah barat Terminal Baru Tuban.

Meski Kute Tuban tergolong pantai yang liar dan tak diurusi pemerintah, pantai ini cukup diminati pengunjung baik dari dalam maupun luar kota. Merupakan gambar-gambar di samping dan di bawah ini adalah para pengunjung yang merupakan sepupu-sepupu saya yang dari di Gresik dan Surabaya. Kami jeprat-jepret ria menikmati pasir yang putih, langit yang biru, ombak yang berisik tapi syahdu, juga beberapa penjual makanan yang menggoda.


Tag : pantai di tuban, boom tuban, goa akbar tuban, ngelirip tuban, wisata tuban, pantai kute tuban, panta

Leave a comment

Login or register to Comment

Copyright © 2016 | Tuban Web Desain